-cara membuat aplikasi penjumlahan pada adobe flash-

Kali ini saya akan berbagi tentang aplikasi pembuatan game sederhana penjumlahan menggunakan adobe flash. gamenya sangat simple yaitu hanya menjumlahkan dua buah bilangan. tugas kita hanya menjawab hasil dari penjumlahan tersebut. dan sistem akan memberikan keterangan benar (true) atau salah (false). game  ini bisa juga di kembangkan dengan perhitungan jenis lain seperti pembagian perkalian maupun lainnya sesuai keinginan. dan yang paling penting kamu harus mempunyai sofware adobe flash jika belum silahkan download terlebih dahulu. OK tanpa berlama lama langsung saja kita mulai..


langkah langkah membuat aplikasi penjumlahan (ikuti dengan baik)  :
  1. Buat lembar kerja baru pada adobe flash dengan memilih ActionSript 3.0
  2. simpan dokumen dan beri nama "penjumlahan.fla"
  3. kemudian buatlah 3 buah kotak dengan menggunakan text tool. dan dengan type yg berbeda. untuk kotak yang pertama type nya adalah dynamik dan beri instaname "angka1"(tidak memakai tanda petik) untuk kotak yang kedua type nya adalah dynamik dan beri instaname "angka2"(tdk pke tanda petik) dan untuk kotak yang terakhir typenya adalah input text dan beri instaname "jawaban".
  4. beri tanda "+" dan "=" di antara kotak tersebut. 
  5. tambah kan button , kita akan ambil buttonnya dari flash dengan cara  klik menu window lalu pilih Common Libraries lalu pilih button. lalu pilih tombol yg anda sukai lalu drag tombol tersebut ke stage.
  6. Membuat Penjumlahan dalam Flash ~ Blog edukasi

  7. Buatlah 2 tombol dengan nama "CEK" dan "RESET". Pada instance name tombol CEK beri nama periksa. sedangkan tombol RESET  berinama ulang     LIHAT GAMBAR DIATAS 
  8. saya minta maaf karena pada gambar itu tombolnya satu karena gambar saya ambil dari https://www.google.com/url?sa=i&url=http%3A%2F%2Fwww.rokhmad.com%2F2013%2F04%2Fmembuat-penjumlahan-dalam-flash.html&psig=AOvVaw0MLyV7HsZElFQ2eObboLoh&ust=1589675286991000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCIimqKyQt-kCFQAAAAAdAAAAABAD
  9. OK KITA LANJUT LAGI
  10. tambahkan 1 lagi texs box sebagai komentar dari jawaban,letakkan di bawah texs box sebelumnya,atur posisi propertiesnya tipe-nya dynamix text, dengan instance name "hasil".
  11. LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH PEMBUATAN ACTION SCRIPT






tuliskan script dibawah ini

var a:int=1+Math.floor(50+Math.random())
var b:int=1+Math.floor(50+Math.random())
angka1.text=String(a);
angka2.text=String(b);

periksa.addEventListener(MouseEvent.CLICK,cek)

function cek(event:MouseEvent):void
{
var c:int=Number(jawaban.text)
if(a+b==c){
hasil.text="Jawaban anda benar"
}else{
hasil.text="Maaf jawaban anda salah"
}
}

ulang.addEventListener(MouseEvent.CLICK,buatsoal)

function buatsoal (event:MouseEvent):void
{
a=1+Math.floor(50+Math.random())
b=1+Math.floor(50+Math.random())
angka1.text=String(a);
angka2.text=String(b);
jawaban.text="";
hasil.text="";
}



ok kita sudah selesai dan jika ingin melihat hasilnya tekan CTRL+ENTER

tinggalkan jejak anda di komentar   :)




silahkan follow ..

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat game tangkap nyamuk - Adobe flash ( part 1 )