Membuat game tangkap nyamuk - Adobe flash ( part 2 )

hello semuanya slamat datang ke blog saya . pada blog kali ini saya akan melanjutkan bagaimana cara membuat game tangkap nyamuk.jika kalian belum melihat part 1 nya klik link sipaling bawah
  • langkah selanjutnya adalah membuat raket
  • klik kanan layer kemudian insert layer, ubah nama layer menjadi raket
  • pada layer raket frame 1 gambarkan raket , kemudian tekan F8 ubah menjadi movieclip dan beri nama raket.
  • pada frame 2 pilih insert keyframe,ubah gambar raket seperti dibawah ini.kemudian klik kanan frame 3 pilih insert keyframe dan ubah lagi gambar raket sehingga seperti dibawah ini.
  • image ilmugrafis
  • pada frame 1 symbol raket,lakukan seleksi sebagai pada jaring raket dengan menggunakan selection tool,tetapi pegangannya tidak ikut serta. image ilmugrafis
  • Kemudian tekan F8 untuk mengubah menjadi Movieclip, berinama "area".kemudian klik ke scane, untuk kembali ke halaman utama.
  • sampai disini pembuatan gambar dan movieclip telah selesai. langkah selanjutnya adalah menambahkan actionscript.




  • ACTIONSCRIPT LEBAH

  • pada langkah ini kita hanya membutuhkan 2 layer yaitu layer stop dan movie.kemudian hapus layer yang tidak perlu.
  • klik menu window>library,lakukan drag and drop movieclip lebah ke stage.
  • kecilkan ukurannya dan atur posisi lebah sesuai keinginan.
  • klik movieclip lebah ,tekan F9 untuk masuk di actionscript , lalu ketik script dibawah ini.
//kondisi awal
onClipEvent(load) {
moveX=0;
moveY=0;
nyamukMati=0;
}
onClipEvent(enterFrame) {
//menentukan pergerakan acak pada nyamuk
acakMoveX=Math.floor(Math.random()*10);
acakMoveY=Math.floor(Math.random()*10);
if(nyamukMati==0)
{
if(acakMoveX<2) {
moveX =20;
}
else if(acakMoveX>6) {
moveX =-20;
}
if(acakMoveY<2) {
moveY =20;
}
else if(acakMoveY>6) {
moveY =-20;
}
if(this._y>600)
{
this._y=0;
}
else if(this._y<0)
{
this._y=600;
}
else if(this._x<0)
{
this._x=800;
}
else if(this._x>800)
{
this._x=0;
}
}
else
{
moveX=0;
moveY=0;
}
this._x +=moveX;
this._y +=moveY;
//menghapus movieclip nyamuk yang mati
if(this._currentframe==10)
{
removeMovieClip(this);
}
}

//kondisi saat nyamuk terpukul raket
onClipEvent(mouseDown)
{
if(this.hitTest(_root.raket.area)&&this._currentframe==1)
{
this.play();
nyamukMati=1;
}
}

  • ACTIONSCRIPT RAKET
  • klik menu window>library,lakukan drag and drop movieclip raket ke stage.
  • kecilkan ukurannya dan atur posisi lebah sesuai keinginan.
  • klik movieclip raket ,tekan F9 untuk masuk di actionscript , lalu ketik script dibawah ini.
//menghilangkan pointer window
onClipEvent(load) {
Mouse.hide();
}
//mengganti pergerakan pointer dengan raket
onClipEvent(enterFrame) {
startDrag(this, true);
updateAfterEvent();
}
//animasi raket saat tombol mouse ditekan
onClipEvent(mouseDown) {
this.play();
}

  • ACTION SCRIPT MAIN MOVIE


  • klik frame 1 layer movie.
  • kemudian tekan F9 untuk masuk paa actionscript
  • ketikkan script berikut sampai selesai.

//memperbanyak  movieclip nyamuk
for(i=0;i<10;i++)
{
duplicateMovieClip(_root.nyamuk,"nyamuk"+i,i);
_root["nyamuk"+i]._x=Math.random()*800;
_root["nyamuk"+i]._y=Math.random()*600;
}

//menyembunyikan movieclip nyamuk yang asli
_root.nyamuk._visible=0;


  • Jika sudah selesai jangan lupa untuk menyimpan
  • jalankan game dengan menekan tombol CTRL+ENTER
  • coba tangkap lebah,berapa banyak yang anda dapatkan


-------- SLAMAT MENCOBA ----------

Comments

Popular posts from this blog

-cara membuat aplikasi penjumlahan pada adobe flash-

Membuat game tangkap nyamuk - Adobe flash ( part 1 )